Permasalahan Lingkungan Global


(Konsultan Survey dan Pemetaan Lahan) - Permasalahan lingkungan merupakan permaslahan yang sangat kompleks yang melibatkan banyak aspek dan bersifat global (tidak mengenal batas wilayah). Hampir seluruh negara di dunia mengalami permasalahan lingkungan yang tidak dapat diselesaikan sendiri oleh negara tersebut, tetapi memerlukan kerjasama dan komitmen bersama dengan negara-negara lain. Beberapa permasalahan lingkungan global yang menjadi masih terjadi dan membutuhkan perhatian adalah antara lain; (1) pertumbuhan penduduk dan gejolak ekonomi; (2) limbah bahan beracun berbahaya (B3); (3) penyebaran pencemaran lingkungan dari negara-negara maju ke negara-negara berkembang yang disebabkan oleh gerakan ekologi dangkal (Shallow Ecology Movement); (4) penyebaran dampak lokal ke global karena pencemaran tidak mengenal batas daerah (pollution knows no nation boundary).

Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permasalahn lingkungan. Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dapat menyebabkan tekanan terhadap sumberdaya alam. Sebagain besar negara-negara berkembang melakukan eksploitasi terhadap sumberdaya alam karena latar belakang ekonomi akibat dari pertumbuhan penduduk yang tidak disertai dengan peningkatan kesejahteraan ekonomi. Peningkatan populasi penduduk yang tidak seimbang dengan daya dukung lingkungan akan menimbulkan banyak permasalahan baik di bidang sosial, ekonomi, keamanan, dan lingkungan hidup. Berikut ini disajikan hubungan antara populasi penduduk terhadap daya dukung.

Agar terjadi keseimbangan antara daya dukung dan populasi penduduk maka pertumbuhan penduduk perlu dikendalikan. Meskipun demikian ada 4 faktor yang dapat menurunkan jumlah penduduk antara lain; (1) perang, (2) bencana alam, (3) wabah penyakit, (4) lainnya.

Dengan semakin berkembangnya teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia serta pola hidup yang cenderung konsumtif dan serba instan dapat menimbulkan permasalahan lain. Permasalahan yang timbul antara lain semakin banyaknya residu atau limbah, baik yang dihasilkan dari proses-proses industri maupun limbah domestik. Limbah yang dihasilkan dari proses industri sebagian besar merupakan limbah B3 (bahan berbahaya beracun). Selain berasal dari industri limbah B3 juga berasal dari pestisida serta limbah radioaktif. Limbah B3 ini perlu penanganan khusus karena berdampak luas baik terhadap manusia maupun lingkungan.

Sebagian negara-negara maju secara tidak langsung telah memberikan andil dalam pencemaran lingkungan terhadap negara-negara berkembang melalui produk-produknya yang tidak ramah terhadap lingkungan. Negara-negara berkembang hanya dijadikan pasar dari produk-produk negara-negara maju. Tidak jarang dari produk-produk tersebut memberikan efek atau dampak yang buruk baik terhadap manusia maupun lingkungan. Selain itu semakin berkembangnya teknologi dan industri di negara-negara maju juga merupakan penyumbang pencemaran udara terbesar di dunia. Pencemaran udara yang berupa gas-gas yang bersifat asam akan dengan mudah menyebar ke berbagai tempat di dunia. Dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran tersebut juga akan dirasakan oleh negara-negara lain yang ada di sekitarnya. Efek negatif yang sangat dirasakan akhir-akhir ini adalah pemanasan global yang memicu perubahan iklim besar-besaran di seluruh belahan dunia. Perubahan iklim inilah yang merupakan faktor pemicu utama terjadinya berbagai bencana alam di berbagai negara.

Dengan memperhatikan berbagai permasalahan lingkungan yang terjadi dan penyebabnya maka diharapkan manusia bisa lebih bijaksana dalam memanfaatkan teknologi dan sumberdaya alam. Dampak dari penggunaan teknologi yang tidak mengindahkan faktor-faktor lingkungan hidup telah mulai kita rasakan sekarang ini. Selain itu sifat manusia yang cenderung serakah dan tidak pernah merasa puas yang mengeksploitasi sumberdaya alam secara berlebihan juga merupakan faktor penyebab permasalahan lingkungan. Semoga ini bisa menjadi bahan renungan, apa yang telah kita lakukan dan apa yang akan kita lakukan agar kehidupan yang akan datang menjadi lebih baik dan dapat memberi manfaat baik manusia maupun lingkungan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s