Klasifikasi Kesesuaian Lahan


(Konsultan Survey dan Pemetaan Lahan) - Klasifikasi lahan dapat dibagi menjadi 2 yaitu, klasifikasi kuantitatif dan klasifikasi kualitatif berdasarkan dari data yang ada atau yang tersedia (FAO). Klasifikasi kuantitatif adalah klasifikasi yang memuat informasi kepada pemakai bahwa dimana hasil penelitian beserta unsur-unsur ekonomi telah dipetimbangkan didalamnya. Jika dalam suatu penelitian belum mempertimbangkan unsur-unsur ekonomi maka belum dianggap sebagai klasifikasi kuantitatif. Klasifikasi kesesuaian lahan dapat dibagi menjadi 4 kategori yang merupakan hasil generalisasi yang bersifat menurun yaitu; (1) ordo kesesuaian lahan (order): menunjukkan jenis atau macam kesesuaian atau keadaan kesesuaian secara umum, (2) kelas kesesuaian lahan (class): menunjukkan tingkat kesesuaian dalam kelas, (3) subkelas kesesuaian lahan (subclass): menunjukkan jenis pembatas (subkelas atau macam perbaikan yang diperlukan di dalam kelas, (4) unit/satuan kesesuaian lahan (unit): menunjukkan perbedaan-perbedaan kecil yang diperlukan dalam pengelolaan di dalam subkelas.

Kesesuaian Lahan Tingkat Ordo

Kesesuaian lahan pada tingkatan ordo menunjukkan kesesuaian lahan untuk penggunaan tertentu, dimana tingkat kesesuai ordo ini dapat dibagi menjadi 2 yaitu:

Ordo S (Sesuai/Suitable): Lahan yang termasuk kedalam ordo ini adalah lahan yang dapat dipergunakan untuk suatu penggunaan tertentu secara berkelanjutan tanpa atau dengan sedikt resiko kerusakan terhadap sumberdaya lahan yang ada. Dari segi keuntungan, diharapkan hasil dari pemanfaatan lahan ini lebih dari biaya (cost) yang diperlukan.

Ordo N (Tidak Sesuai/Not Suitable): lahan yang tergolong dalam ordo ini mempunyai pembatas sedemikian rupa sehingga mencegah suatu penggunaan secara berkelanjutan.

Kesesuaian Lahan Tingkat Kelas

Kesesuaian lahan tingkat kelas merupakan pembagian lebih lanjut dari tingkat ordo yang menggambarkan tingkat-tingkat kesesuaian dari ordo. Kelas ini diberi notasi atau simbol pada nomor urut yang dituliskan dibelakang simbol ordo. Nomor urut ini menunjukkan tingkat kelas yang menurun dalam suatu ordo. Jumlah kelas dalam suatu ordo tidak terbatas, karena penentuan jumlah kelas ini didasarkan pada keperluan minimum untuk mencapai tujuan interpretasi yang pada umumnya terdiri dari 5 kelas. Jika dalam ordo Sesuai (S) digunakan 3 kelas dan 2 kelas dalam ordo Tidak Sesuai (N), maka pembagian serta definisi kelas-kelas tersebut adalah sebagai berikut.

Kelas S1 (Sangat Sesuai/Highly Suitable): lahan ini tidak mempunyai pembatas yang berat untuk suatu penggunaan lahan secara berkelanjutan atau hanya mempunyai pembatas yang tidak berarti atau tidak berpengaruh secara nyata terhadap produksinya/pemanfaatannya untuk penggunaan tertentu serta tidak membutuhkan penanganan khusus.

Kelas S2 (Cukup Sesuai/Moderately Suitable): lahan ini memiliki pembatas-pembatas agak berat untuk suatu penggunaan lahan tertentu secara berkelanjutan. Pembatas-pembatas tersebut dianggap dapat mengurangi produktivitas, keuntungan atau nilai pemanfaatannya untuk penggunaan tertentu serta membutuhkan biaya atau penanganan lebih.

Kelas S3 (Sesuai Marginal/Marginally Suitable): lahan ini memiliki pembatas-pembatas yang sangat berat untuk suatu penggunaan secara berkelanjutan. Pembatas akan mengurangi produktivitas, keuntungan atau nilai pemanfaatannya untuk penggunaan tertentu serta membutuhkan biaya atau penanganan yang lebih jika dibandingkan dengan Kelas S2.

Kelas N1 (Tidak Sesuai untuk Saat Ini/Currently Not Suitable): lahan ini memiliki pembatas yang sangat berat, tetapi masih memungkinkan untuk diatasi untuk penggunaan tertentu serta membutuhkan biaya atau penanganan lebih jika dibandingkan dengan Kelas S3.

Kelas N2 (Tidak Sesuai Secara Permanen/Permanently Not Suitable): lahan ini memiliki pembatas permanen yang tidak dapat diatasi sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk penggunaan tertentu secara berkelanjutan.

Kesesuaian Lahan Tingkat Subkelas

Kesesuaian lahan tingkat subkelas menggambarkan jenis pembatas atau macam perbaikan yang diperlukan dalam suatu kelas. Tiap kelas selain kelas S1 dapat dibagi menjadi satu atau lebih subkelas tergantung dari jenis pembatas yang ada. Jenis pembatas ini dituliskan dengan simbol huruf kecil yang diletakkan setelah simbol kelas. Misalnya kelas S2 yang memiliki faktor pembatas kesuburan tanah/fertility (f) dapat dituliskan dalam subkelas S2f. Pada umumnya faktor pembatas subkelas hanya ada satu, tetapi tidak menutup kemungkinan faktor pembatas subkelas berjumlah hingga tiga. Jika faktor pembatas subkelas lebih dari satu maka urutan penulisannya urut dari yang pertama merupakan faktor pembatas subkelas yang lebih dominan dan seterusnya. Sebagai contoh kelas S2 yang memiliki faktor pembatas kesuburan (f) dan perakaran (r), dimana faktor pembatas kesuburan lebih dominan dan faktor pembatas  perakaran bersifat pembatas kedua atau tidak dominan maka cara penulisan subkelasnya adalah S2fr.

Kesesuaian Lahan Tingkat Satuan

Kesesuaian lahan tingkat satuan merupakan pembagian lebih lanjut dari kesesuaian lahan tingkat subkelas. Semua satuan yang berada dalam satu subkelas memiliki tingkat kesesuaian yang sama dalam kelas dan memiliki jenis pembatas yang sama pada tingkat subkelas. Satuan-satuan berbeda satu dengan yang lainnya dalam sifat-sifat atau aspek tambahan dari pengelolaan yang diperlukan dan sering merupakan perbedaan rinci/detil dari pembatas-pembatas yang ada. Simbol kesesuaian lahan pada tingkat satuan dibedakan menjadi angka-angka yang ditempatkan setelah simbol subkelas (contoh: S2f-1, dimana Ordo S atau Sesuai, Kelas S2 atau Sesuai Marginal, Subkelas S2f Sesuai Marginal dan bermasalah dengan kesuburan,  dan Satuan 1 dari subkelas S2f).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s