Tips Meningkatkan Traffic di Blog Anda


Setiap pemilik web atau blog pada umumnya memiliki keinginan agar blog atau web kita banyak yang mengunjungi dan melihat. Mungkin dengan tujuan komersil ataupun hanya sekedar berbagi/sharing data dan informasi. Bagi pemula seperti saya tentunya masih kebingungan bagaimana cara agar blog kita dapat dilihat orang lain. Meskipun masih bau kencur alias pemain baru ijinkan saya untuk berbagi tips, meskipun mungkin telah banyak blog atau web yang menuliskannya dan mirip atau bahkan sama. Berikut ini saya mencoba berbagi tips untuk meningkatkan traffic/lalulintas di blog anda.

  1. Karena mesin pencarian google yang paling banyak digunakan maka anda wajib mendaftarkan blog anda yaitu dengan cara browser di http://www.google.com/addurl  (bagi pemula) isi URL dengan alamat blog anda dan comments dengan tag atau kata kunci yang berhubungan dengan judul atau tema blog atau artikel-artikel yang ada di blog anda. Manfaatkan untuk menulis sebanyak mungkin kata-kata yang berhubungan dengan tema blog atau konten dalam blog anda.
  2. Mendaftarkan blog ke mesin pencarian Bing (MSN) bagi pemula yang paling mudah adalah masuk ke www.bing.com/docs/submit.aspx kemudian isi Type the URL of your homepage dengan alamat blog anda jangan lupa diawali dengan (http://www.) kemudian klik submit.
  3. Cobalah Mendaftarkan blog anda di Yahoo, dengan cara masuk ke alamat berikut ini https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit pilih Submit a Website or Webpage kemudian masukkan alamat blog anda. Setelah anda disuruh sign in ke email yahoo anda.
  4. Memanfaatkan sistem pencarian gratis untuk meningkatkan traffic di blog anda, http://FreeViral.com merupakan salah satu situs yang baik untuk meningkatkan traffic di blog anda.
  5. Anda juga dapat mengunjungi http://Socialposter.com dan http://Stumbleupon.com dengan mengisi url, postingan, judul, serta ringkasan mengenai blog anda. Untuk masuk Socialposter.com tentunya anda harus registrasi terlebih dahulu. Anda juga dapat sharing blog anda ke jejaring sosial seperti facebook dan twitter.
  6. Mendaftarkan blog anda di technorati.com dan Trafficswarm.com dan dapatkan gratis keanggotaan seumur hidup jika masih berlaku. Anda dapat mencari situs-situs yang berhubungan dengan tema blog anda di situs ini.
  7. Memberikan komentar pada blog-blog yang berhubungan dengan tema blog anda kemudian meninggalkan komentar yang relevan. Dengan demikian akan meningkatkan link balik ke blog anda dan meningkatkan traffic blog.
  8. Coba bergabung dengan Squidoo.com kemudian membuat link pencarian kemudian menambahkannya ke blog anda.
  9. Cobalah eksis menulis di blog anda, dengan semakin banyak tulisan di blog anda maka google maupun mesin pencarian lainnya akan semakin senang. Anda dapat juga menambah ataupun merubah tag atau kata kunci pencarian di google langkahnya seperti di atas. Tetapi ketika google telah menemukan blog anda maka secara otomatis akan men-tag semua kata-kata yang terdapat di konten blog anda.

Meskipun saya juga baru mengenal dunia per-bloger-an tapi semoga dengan berbagi pengalaman dan informasi akan meningkatkan kemampuan serta memberikan manfaat bagi kita semua, amin…Mohon kritik, saran dan masukan dari temen-temen untuk bersama-sama dapat meningkatkan traffic di blog kita.      

One thought on “Tips Meningkatkan Traffic di Blog Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s