Satelit CARTOSAT-1


CARTOSAT-1 adalah satelit penginderaan jauh dibangun oleh ISRO (Indian Space Research Organization) yang terutama ditujukan untuk aplikasi kartografi di India. Satelit dengan berat 1560 kg ini diluncurkan oleh PSLV pada 5 Mei 2005 dari landasan peluncuran di Sriharikota, dan merupakan satelit kesebelas yang dibangun dalam seri satelit India Remote Sensing (IRS). CARTOSAT-1 diluncurkan dengan ketinggian orbit 618 km.

CARTOSAT-1 membawa dua kamera pankromatik yang mengambil gambar stereoskopis hitam-putih. Gambar satelit memiliki resolusi spasial 2,5 meter dengan liputan 30 km. Kamera yang dipasang pada satelit melakukan peliputan dengan simultan dengandua sudut peliputan yang berbeda akan menghasilkan peta tiga dimensi yang akurat. Gambar yang diambil oleh kamera CARTOSAT-1 dapat memuat 120 G bit yang dikompresi, dienkripsi, diformat dan ditransmisikan ke stasiun bumi.

Data CARTOSAT-1 diharapkan untuk memberikan kontribusi yang besar untuk aplikasi pemetaan di perkotaan dan pembangunan pedesaan, manajemen sumberdaya tanah dan air, penilaian bencana, perubahan tutupan lahan, bantuan perencanaan dan manajemen, penilaian dampak lingkungan dan berbagai aplikasi sistem informasi geografis (GIS).

sumber: www.satimagingcorp.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s