Transfer Data GPS Garmin 76Csx Menggunakan Program Mapsource


(Konsultan Survey dan Pemetaan Lahan) – Memproses data dari GPS Garmin 76Csx secara langsung dapat dilakukan secara mudah dan cepat. File yang ada pada GPS pada umumnya dalam bentuk Track (garis/lintasan) dan WayPoint (titik). Untuk dapat mentransfer data dari perangkat GPS ke komputer terlebih dahulu komputer tersebut harus di instal dengan program Map Source yang umumnya didapatkan ketika membeli GPS tersebut. Adapun cara atau langkah-langkah dalam tranfer dan mengolah data yang dihasilkan dari perangkat GPS dengan menggunakan program arcview adalah sebagai berikut.

Sebelum kabel koneksi dihubungkan dari GPS ke komputer terlebih dahulu program Map Source di instal ke komputer, kemudian diaktifkan sehingga pada layar komputer akan seperti pada Gambar 1, setelah itu koneksikan kabel dari GPS ke komputer serta pastikan GPS dalam keadaan aktif (On).


Kemudian Klik Transfer yang ada pada toolbar kemudian klik Receive From Device sehingga akan muncul kotak Receive From Device. Jika GPS sudah terhubung maka pada Find Device akan muncul nama GPS tersebut ‘Garmin 7.6Csx’ serta pada What to receive akan muncul Track atau WayPoint yang ada pada GPS tersebut. Setelah itu klik receive maka tranfer akan mulai berjalan. Setelah transfer selesai GPS secara otomatis akan mati (Off). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 2.  


Setelah GPS mati (Off) maka data sudah selesai ditransfer dan pada layar akan tampil data yang telah ditranfer tersebut baik berupa Track atau WayPoint seperti pada Gambar 3. Simpan Data tersebut dengan nama dan folder sesuai keinginan.


Jika Anda ingin membuka atau melakukan editing dengan menggunakan program Arcview maka data tersebut harus diubah tipe filenya menjadi DXF (.dxf), caranya adalah dengan menyimpan (Save as) data tersebut ke Folder My Document dan merubah tipe filenya dari gdb menjadi dfx seperti pada Gambar 4. Selain cara tersebut Anda juga dapat mengaktifkan ekstensi DNR Garmin pada Arcview.


Langkah selanjutnya buka/aktifkan program arcview kemudian klik File pada toolbar pilih Extension maka akan muncul kotak dengan berbagai extensi. Kemudian klik pada Cad Reader agar arcview dapat membuka file dengan ekstensi DXF seperti pada Gambar 5.

Kemudian buka file yang telah dalam bentuk dxf tadi dengan cara klik ikon Add Themeatau klik Viewkemudian pilih Add Theme, setelah itu maka pada layar kerja arcview akan muncul gambar seperti pada layar kerja Map Source. Pada tampilan arcview teks atau nama tidak ditampilkan secara langsung tapi harus diaktifkan dengan mengklik Theme pilih Auto Label.

Theme yang telah ada ini bukanlah berekstensi .shp tetapi berekstensi .dxf, untuk menjadikan theme tersebut menjadi bentuk .shp maka harus dikonvert terlebih dahulu.Caranya dengan meng-klik toolbar theme kemudian pilih convert to shapefile. Jika Anda akan langsung melakukan delineniasi pada theme dxf teresebut maka tidak perlu melakukan proses konversi.     

21 thoughts on “Transfer Data GPS Garmin 76Csx Menggunakan Program Mapsource

  1. mas, mau nanya. kalo datanya sudah di transfer ke komputer, apa data yang ada di GPS akan hilang atau tidak ?

    • mungkin saja data yang ditransfer belum semua atau file di gps belum ke save (kesimpan), untuk alternatif cara memindahkan data coba copy paste file gdb atau gpx melalui windows explorer, kemudian buka file tersebut dengan mapsource, semoga berhasil

  2. gan gw punya masalah yg sama nih, Waypoint yg gak muncul saat di transfer di MapSource, GPS yg gw pke GARMIN 62sc, saat transfer smua udah di centang tp yg nongol cuma track aja..Foto,waypoint, dll gk ada.. mohon pencerahannya gan..Thank’s

    • coba anda save dulu data yang ada pada gps tersebut kemudian melakukan transfer, jika memang belum berhasil bisa dengan cara manual yaitu meng copy file dari gps ke pc kemudian buka dengan mapsource, semoga berhasil

  3. gw juga punya masalah yg sama nih..udh di buka melalui windows explorer kok waypoint nya juga gag bisa d buka ya ? mohon bantuannya y gan . . . .

    • print aja langsung di mapsource bisa kan, jika ingin membuat hasil print yang baik harus di arcview atau arcgis, save as file dari mapsource menjadi gpx kemudian convert di global mapper menjadi format SHP atau CAD. file format shp bisa dibuka di arcview atau arcgis sedangkan format cad bisa dibuka di autocad

  4. Dear Pak,

    Mohon info bisakah data dari Arcview (shp) dikonversi ke bentuk gpx atau gdb?
    Terimakasih atas bantuannya.

    Regards,
    Syahri – Palembang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s