Menampilkan Peta Pada Halaman Google Earth


(Konsultan Survey dan Pemetaan Lahan) – Bagi anda terutama pengguna Google Earth pemula yang masih belum tahu bagaimana cara menampilkan peta (shp atau Map) tersebut agar dapat tampil pada Google Earth. Sebenarnya cara untuk menampilkan peta pada halaman Google Earth mudah tetapi bagi anda pemula tentunya masih merasa bingung, sehingga tidak ada salahnya artikel ini saya sajikan semoga bermanfaat bagi anda.

Ada beberapa cara untuk dapat mengkonversi file dalam bentuk shp maupun map agar dapat di tampilkan pada halaman Google Earth. Pada kesempatan ini saya akan menggunakan fasilitas pada program Global Mapper untuk mengkonversi file dalam bentuk shp menjadi file dalam bentuk KML atau KMZ yang dapat ditampilkan pada halaman Google Earth.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pertama tentunya program Global Mapper sudah ada dalam perangkat komputer anda. Buka program Global Mapper tersebut kemudian buka file peta (shp) yang ingin ditampilkan pada halaman Google Earth. Klik pada “Open on Your Own Data Files” dan pilih file peta yang anda inginkan.

Kemudian pastikan jika sistem koordinat peta anda anda sudah benar dengan mengisikan sistem proyeksi pada “Projection” dengan sistem “UTM” atau “Geographic (latitude/longitude)”. Kemudian isi “Zone” sesuai dengan zona peta anda, disini saya menggunakan peta jalan Kabupaten Wonosobo Jateng dengan menggunakan proyeksi UTM dan berada pada zona – 49 southern Hemisphere, karena kabupaten wonosobo dengan sistem proyeksi UTM berada pada zona – 49 southern Hemisphere. Kemudian pilihlah “Datum” dengan WGS84 yang biasa digunakan untuk wilayah Indonesia.

Setelah peta tampil pada halaman Global Mapper, kemudian pilih “File” pilih “Export Vector Data” pilih “Export KML/KMZ”. Setelah itu akan muncul “KML/KMZ Export Options” anda tidak perlu mengubah setting yang sudah ada kemudian klik “OK” kemudian beri nama dan simpan file tersebut. Dengan demikian maka file yang baru anda simpan tersebut telah berubah ekstensinya menjadi KML/KMZ.

Selanjutnya anda dapat membuka Google Earth dan pastikan setting sistem koordinat Google Earth tersebut sudah UTM. Jika belum maka anda dapat merubah setting sistem koordinat pada “Tool” kemudian klik “Options” pilih “3D View” kemudian pilih “Universal Transverse Mercator” kemudian klik “OK”

Setelah sistem koordinat pada Google Earth sudah sama sistem koordinat peta maka buka file peta anda dengan cara pilih “File” kemudian klik “Open” dan pilih file KML/KMZ yang telah simpan di atas. Lihatlah peta anda sudah dapat ditampilkan pada halaman Google Earth. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda.

One thought on “Menampilkan Peta Pada Halaman Google Earth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s